Terkagum-kagum oleh 5 Stasiun Metro Paling Cantik di Bumi

Asnida Riani diperbarui 13 Okt 2015, 13:40 WIB

Fimela.com, Jakarta Indonesia memang tak punya stasiun metro karena semua moda transportasinya berada di atas permukaan tanah. Karenanya, kalau bertandang ke tempat lain yang punya kereta bawah tanah, kamu tak boleh melewatkan kesempatan untuk menjelajah stasiun metro. Tak hanya terpukau dengan hitungan sedemikian rupa yang membuat jalur-jalur kereta bawah tanah tak memengaruhi tanah bahkan sungai di atasnya.

Namun juga dengan keindahan arsitektur stasiun metro yang berada di seluruh dunia. Tak hanya sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang. Kamu pun bisa menjelajah Stasiun Metro untuk mencicip cantiknya bangunan yang berada sekian meter di bawah permukaan tanah tersebut. Berikut deretan tempat yang harus disambangi.

Stasiun Kaohsiung, Taiwan

Memasuki bagian tengah Stasiun Kaohsiung, kamu akan temukan 4,500 pecahan kaca yang dijadikan interior bangunan dengan susunan warna serta pola cantik. Desain garapan Narcissus Quangliata ini disebut-sebut sebagai karya dengan material kaca terbesar di dunia. Tambahan efek kaledoskeop membuat setiap bagian kaca ini jadi terlihat lebih memesona. Bahkan, tempat ini pernah digunakan seseorang untuk melamar kekasihnya.

Stasiun Toledo, Italia

Desain stasiun yang berada di kota Naples ini jadi hasil karya Robert Wilson. Dinamakan sebagai "Terowongan Cahaya" yang memberikan penerangan sepanjang koridor, stasiun ini terlihat begitu cantik dengan kerlap-kerlip warna memesona. Berada di kedalaman 50 meter di bawah permukaan tanah, stasiun ini jadi yang paling dalam di kota Naples.

Grand Central Terminal, Amerika Serikat

Berlokasi di kota New York, kamu akan seketika dibuat kagum oleh perpaduan warna pilar serta lantai yang begitu selaras di Grand Central Terminal. Namun, jangan lupa untuk melihat ke atas. Ukiran dengan perpaduan warna cantik siap memanjakan matamu. Tempat ini juga mencatatkan namanya di Guinness World Record sebagai stasiun terbesar dengan jumlah platform sebanyak 44 dan satu platform rahasia yang dikabarkan berada di Waldorf Astoria.

Stasiun Komsomolskaya, Rusia

Stasiun yang didesain oleh Dmitry Chechulin ini berlokasi di kota Moscow. Ketika memasuki bagian dalam stasiun, kamu akan langsung temukan kandil yang menghiasi langit-langit ballroom. Desain bagian tengah stasiun ini terinspirasi oleh sebuah pidato yang diucapkan oleh Stalin. Warna kuning serta ukiran indah membuat nuansa stasiun metro ini jadi lebih memukau.

Arts Et Métiers, Perancis

Kalau ingin tersesat di dunia khalayan Jules Verne, salah satu penulis terkenal yang karyanya masih banyak dibaca hingga sekarang, kamu bisa langsung bertandang ke Stasiun Arts Et Métiers. Berlokasi di kota Paris, stasiun ini didesain oleh seorang seniman komik, François Schuiten. Dinding berwarna tembaga dengan jendela gaya kapal selam serta gear raksasa yang menggantung di langit-langit adalah pemandangan yang bisa kamu temukan di sini.

 

Baca Juga: 10 Negara Ini Berbahaya Bagi Perempuan yang Ingin 'Solo Travel'