5 Tanda Kamu Makan Terlalu Sedikit Setelah Berolahraga

Karla Farhana diperbarui 07 Okt 2015, 08:10 WIB

Fimela.com, Jakarta Sebagian orang ingin langsing dengan melakukan berbagai cara. Salah satunya berolahraga rutin setiap pagiatau sore hari. Mungkin memang lemak dan berat badan mereka berkurang. Tapi ternyata, alih-alih ingin sehat, malah jadi sakit. Gangguan kesehatan ini disebut sindrom female athlete triad, di mana siklus menstruasi mereka enggak teratur, kurang energi, dan kurangnya massa jenis tulang. 

Banyak cewek yang rajin berolahraga tapi enggak tahu kalau mereka sudah terkena sindrom ini. Mereka merasa pola makan dan hidup mereka sudah sempurna. Berbahagia dengan turunnya berat badan dan mengecilnya lingkar pinggang justru akan membawa kesengsaraan di masa mendatang. Kamu harus tahu apa tanda-tandanya kalau kamu kurang makan setelah berolahraga. 

Kamu menghindari makanan setelah berolahraga. Banyak cewek yang menghindari makanan dan mereka percaya cara ini akan mengurangi kalori dalam tubuhnya. Padahal, setelah berolahraga, tubuhmu membutuhkan nutrisi yang cukup. Makanya, disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran. Terutama alpukat. Makanan sehat ini justru akan 'membangun' kembali sel-sel yang 'dirusak' ketika berolahraga. Sehingga terjadi pembaruan sel. Terlebih lagi, makanan ini justru yang membuatmu lebih kuat. Bukan seberapa banyak kamu berolahraga. Jadi, jangan sampai kamu kurang makan setelah berolahraga. 

Kamu selalu merasa letih. Nah, kurang makan juga bisa bikin kamu stress, lelah, dan merasa jenuh. Faktanya, kamu yang enggak aktif saja tetap membutuhkan kalori. Setiap 0,5 kg berat badanmu, membutuhkan 10 kalori. Artinya, kalau berat badanmu 61 kg, kamu butuh 1220 kalori. Itu kebutuhan kalori ketika kamu sedang enggak aktif. Sedangkan, buat kamu yang rajin berolahraga pastinya membutuhkan asupan yang lebih banyak. Makanya, enggak heran kamu yang sering olahraga justru merasa letih setiap waktu. 

Siklus menstruasimu enggak teratur. Kalau siklus menstruasimu sudah enggak teratur, ini sudah menjadi alarm tanda bahaya. Meskipun ada banyak alasan lain kenapa kamu selalu telat 'dapet' hal ini juga bisa karena kurangnya asupan. Soalnya, gizi yang seimbang akan memengaruhi hormon dalam tubuhmu. Ketidakseimbangan ini juga akan mendorong berkurangnya massa jenis tulangmu. Bahayanya, kamu tulang akan menjadi rapuh dan bisa mengalami patah tulang yang serius. Bahkan suplemen kalsium pun enggak cukup untuk mengatasinya. 

Kamu mudah sakit. Nutrisi yang kurang juga bisa mengakibatkan kamu mudah untuk terjangkit suatu penyakit. Kalau kamu sudah rajin berolahraga, tapi tetap saja pergantian cuaca bisa bikin kamu batuk dan flu, berarti kamu harus waspada. 

Kamu takut makan. Tanda yang terakhir adalah, kamu takut banget sama makan. Meskipun sudah waktunya, kamu menolak dan menunda untuk makan. Kamu juga menolak untuk makan lebih banyak dari biasanya. Ketakutan ini justru bikin kamu stresss. Karena ada ketidaksesuaian antara aturan makan yang kamu buat dengan keinginan untuk makan lebih banyak. 

Kalau kelima tanda di atas sudah muncul, kamu harus waspada. Karena asupan gizi itu sangat penting. Ketika berolahraga kamu kehilanga banyak ion dan juga tenaga. Makanya, kamu harus makan dengan porsi yang sesuai. Jangan juga mengkonsumsi makanan dan minuman berlemak tinggi. Karena kandungan lemak itu akan bikin kamu tambah gemuk. Konsumsilah makanan dan minuman berprotein. Tenang, ototmu enggak akan menjadi besar hanya karena mengkonsumsi makanan berprotein. Asalkan kamu enggak mengkonsumsi pil untuk pertumbuhan otot.

Baca juga: Orang-orang Ini Tewas karena Diet Sembarangan

What's On Fimela