Ketahui 5 Fakta Blood Moon yang Terjadi Pada September 2015

Asnida Riani diperbarui 29 Sep 2015, 10:40 WIB

Fimela.com, Jakarta Seakan tak ingin ketinggalan euforia blood moonsemua orang 'berlomba-lomba' mengabadikan potret sang bulan merah. Kalau kamu melihat ke langit dua hari ini, maka bulan dengan sinar darah akan memperlihatkan rupanya yang begitu memukau.

Jadi banyak perbincangan orang selama seminggu terakhir, tapi kamu belum paham benar akan blood moon yang terjadi pada Minggu (27/9) dan Senin (28/9)? Ulasan-ulasan tentang fakta bulan merah ini yang harus kamu simak baik-baik.

Fenomena yang jarang terjadi. Karena orbit bulan paling dekat dengan bumilah mengapa blood moon terjadi. Menurut NASA, di tahun 1900-an hanya terjadi lima kali, yakni 1910, 1928, 1946, 1964, dan 1982. Setelah ini, blood moon tak akan terjadi sampai 8 Oktober 2033.

Warga Amerika Serikat yang ada di 'garis depan'. Orang-orang di sebelah timur dan pusat wilayah Amerika Serikat dan Kanada yang mendapat pemandangan paling bagus dari blood moon. Berlangsung sejak bulan menampakkan diri hingga tengah malam, fenomena terakhir yang bisa dilihat dari daratan utama Amerika hingga 31 Januari 2018.

Bisa dilihat dengan mata telanjang. Pemandangan spetakular ini bisa disaksikan dengan mudah karena kamu tak perlu perindungan apapun. Tak seperti gerhana bulan pada umumnya, blood moon bisa dilihat dengan mata telanjang. Jadi, kamu bisa dengan begitu leluasa menikmati panorama yang ada.

Bulan penuh dan separuh datang dalam beberapa bagian. Bulan separuh selalu datang dua minggu sebelum versi 'penuh' menyeruak di langit malam. Jadi, kalau blood moon terjadi di tanggal 27 dan 28 September, maka bulan separuhnya sudah muncul di sekitar 13 September 2015.

Gerhana bulan terakhir di tahun 2015. Tahun ini ada 4 gerhana bulan yang terjadi, jumlah yang terbilang minimum jika dibandingakan dengan tahun-tahun lainnya. Selain blood moon yang baru saja terjadi, gerhana lainnya muncul di 20 Maret, 4 April, dan 13 September.

Fenomena blood moon memang selalu menarik untuk diketahui. Jadi saksi hidup ketika bumi bermandikan sinar darah dari bulan yang tak biasa. Kalau kamu tahu fakta blood moon yang belum disebutkan di atas dan mau berbagi, langsung tuliskan di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: Melihat Pesona Blood Moon Lewat Potret-potret dari Seluruh Dunia

What's On Fimela