Fenomena Alam Mengejutkan yang Tidak Kamu Sangka

Febriyani Frisca diperbarui 25 Mar 2015, 07:27 WIB

Fimela.com, Jakarta Alam selalu memberikan kejutan-kejutan pada penghuninya. Fenomena hujan, panas, dan salju merupakan kejutan alam. Namun, selain itu ada fenomena alam lainnya yang tidak akan kamu sangka. Apa saja fenomena itu? Yuk, simak!

1. Hujan warna warni


(Sumber foto: devilkkw.deviantart.com)

Fenomena ini telah membingungkan manusia sejak zaman kuno. Beberapa sumber mengungkapkan bahwa hujan warna warni terjadi karena adanya material yang dibawa ke awan dengan kencang dan bercampur air. Hmmm kok bisa ya?

2. Aurora Borealis


(Sumber foto: vimeo.com)

Bangsa Yunani kuno mempercayai aurora borealis adalah tanda munculnya Sang Dewa Fajar. Padahal, fenomena cantik ini terjadi karena medan magnet memanipulasi partikel di angkasa, kemudian partikel bertabrakan dengan gas alam di atmosfer. 

3. Hujan binatang


(Sumber foto: therichest.com) 

Fenomena ini memang di luar akal manusia. Kalau biasanya hujan turun berupa air, hujan yang satu ini berupa ikan, katak, dan ular. Hiii seram, ya?

4. Hujan es batu


(Sumber foto: rsta.royalsocietypublishing.org)

Hujan es batu atau megacrymeteor adalah salah satu fenomena alam yang nggak asing di Indonesia. Pasalnya, beberapa  wilayah di Indonesia pernah mengalaminya.

5. Pelangi api


(Sumber foto: therichest.com)

Fenomena pelangi ini terjadi karena cahaya matahari yang dibiaskan dan memiliki spektrum warna yang sama. Cantiknya...

6. Gulungan awan


(Sumber foto: therichest.com)

Queensland, Australia adalah wilayah yang cukup sering mengalami fenomena ini. Awan dapat membentang sepanjang 1000 kilometer. Wow!

7. Petir Catatumbo


(Sumber foto: livefreelivenatural.com)

Fenomena petir ini biasa terjadi di Venezuela, tepatnya di Muara Sungai Catatumbo. Intensitas sambaran petir ini cukup menyeramkan, karena terjadi 10 jam/hari. Seramnya..

8. Pusaran api


(Sumber foto: metamythic.com)

Fenomena pusaran api hanya bisa terjadi di tempat-tempat bersuhu sangat panas. Hal ini terjadi karena tanah yang memanaskan udara sekitarnya dan memaksa panas untuk keluar dari dalam tanah dengan kecepatan tinggi.

9.  Waterspout


(Sumber foto: bigstockphoto.com)

Waterspout terjadi karena tornado di atas air. Kecepatannya bisa mencapai 305 kilometer/jam. Amazing!

 

What's On Fimela