6 Fakta Unik Amplop Oscar 2015 yang Kamu Belum Tahu

Ardini Maharani diperbarui 24 Feb 2015, 13:20 WIB

Fimela.com, Amerika Serikat Masih hangat banget soal penghargaan Oscar 2015, yes. Tapi kita gak akan membahas soal siapa yang datang, pakai baju apa, dan sebagainya. Kali ini tim bintang.com menyorot pada ... AMPLOP.

Yap, mata kami tertuju pada amplop yang isinya nominator untuk ngeboyong piala bagi insan perfilman Hollywood itu. Amplop tersebut bukan sembarang amplop, lho. Justru seluruh yang hadir di perhelatan itu pengen banget namanya ada disana karena sudah dipastikan menjadi pemenang.

Ada beberapa fakta menarik soal amplop Oscar yang dilansir dari stasiun televisi CNN. Mau tahu? Ini dia ulasannya.

Umur amplop ternyata lebih muda dari usia si Oscar!



Piala Oscar dibuat pada 1929 untuk diberikan pada aktor dan aktris pemenang di acara Academy Award 1930. Awalnya list pemenang hanya ditulis pada selembar kertas saja. Sampai akhirnya pada 1939 daftar pemenang bocor ke pers.

Nah, demi menghindari hal tersebut, maka lahirlah si amplop pada 1940 dan dijaga ketat sampai malam perhelatan Oscar digelar.

Jika si Oscar sekarang berusia 87 tahun, amplopnya baru berumur 75 tahun. Wih, tua juga, ya.

Mewah bingo desain amplop Oscar



Pertama kali si amplop dibikin, gak ada cakep-cakepnya. Cuma amplop dengan kertas agak tebal namun desainnya biasa banget. Pamornya jelas kalah jauh sama abangnya, si Oscar.

Nah, lima tahun lalu rumah produksi Marc Friedland Couture Communications menawarkan diri untuk mendesain amplop Oscar super elegan. Bahannya juga cakep banget dan dihiasi perekat mewah.

Tadinya kita cuma dengar 'Oscar diberikan kepada ...'. Tapi sekarang kita juga mendengar, 'Tolong amplopnya ...'. Cieeee.

Ekstra 48 amplop Oscar selalu dikosongin. Kenapa?



Total penghargaan Oscar yang dibacakan di atas panggung hanya 24 kategori. Tapi pihak Marc Friedland Couture Communications memproduksi amplop lebih lantaran nama pemenang suka terlambat diberikan atau detik-detik terakhir. Tegang banget gak sih kalau begini?

Nah, buat mengakalinya, akhirnya 48 amplop dikosongkan dulu. Dalam lembaran hanya tercetak nama-nama nominasi dan mengosongkan nama pemenangnya.

Pengisian nama pemenang dilakukan di tempat yang TOP SECRET supaya gak ada orang yang tahu sampai perhelatan Oscar tiba. Weleh, cara kerjanya mirip agen intelijen, ya. Luar biasa.

Butuh tiga minggu untuk memproduksi amplop Oscar



Kenapa butuh waktu tiga pekan hanya demi membuat amplop Oscar? Tak lain tak bukan karena bahan-bahannya impor, cyin.

Kertas metaliknya serta perekat satinnya didatangkan dari Jerman. Jauhnya, ck ck ck.

Selain itu butuh 110 orang buat mengerjakan 72 amplop handmade ini dengan tekun. Ketepatan pemotongan perlu diperhatikan lantaran mereka membuatnya secara tradisional. Cuma cetakan tinta emasnya doang yang pake teknologi. Pantas mewah banget.

Kelebihan amplop dimusnahkan!



Tadi kita sudah bahas kalo amplop Oscar itu dilebihin dua set (satu set = 24 amplop). Kalau ada yang gak terpakai, kelebihan amplop ini langsung dihancurkan, lho. Ini demi menghindari plagiasi oleh tangan-tangan jahil di luar sana.

Pemenang Oscar bisa membawa pulang piala dan amplopnya sekaligus. Ini membuktikan si amplop ternyata naik pamor dan artis yang menerimanya ikutan naik kelas. Mantap!

Amplopnya punya tim keamanan sendiri



Ini dia yang super keren. Ternyata si amplop Oscar ini punya tim keamanan sendiri, lho!

Adalah perusahaan Price Waterhouse and Coopers yang bertanggung jawab penuh atas keamanan si amplop Oscar. Seluruhnya dibawa dengan menggunakan koper yang tingkat sekuritasnya udah kayak mengawal presiden!

Gak tanggung-tanggung, si pembawa amplop dibagi menjadi tiga tim yang bakal mengangkutnya dengan melewati tiga rute berbeda demi menghindari hal-hal tidak diinginkan.

Untuk tahun ini, Price Waterhouse and Coopers mempercayakan seluruh keamanan amplop pada dua orang saja, mereka bernama Cullinan dan Ruiz. Orangnya yang mana, ya? Eits, rahasia. Keduanya bahkan dikawal ketat kepolisian. Dua orang inilah yang benar-benar mengetahui siapa saja pemenang Oscar sebelum acaranya digelar! Amazing!

Gimana? Keren banget kan si amplop ini? Gak nyangka benda sekecil itu ternyata luar biasa banget mulai dari produksi hingga distribusinya. Pantesan acara Oscar selalu ditunggu-tunggu seluruh manusia sejagat, termasuk insan perfilman. Bravo amplop Oscar 2015!

What's On Fimela

Tag Terkait